Memahami Apa itu Invoice? Fungsi, Jenis, dan Cara Pembuatannya

Invoice adalah dokumen yang diperlukan dalam suatu bisnis, baik bisnis dalam skala kecil maupun besar. Dokumen ini khusus digunakan untuk transaksi kredit yang terjadi antara penjual dan pembeli.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu invoice? Serta fungsi, jenis, dan bagaimana cara membuatnya, akan dibahas di artikel di bawah ini.

Sumber: https://www.illinoisreview.com/illinoisreview/2016/09/chicago-illinois-has-been-without-a-state-budget-for-two-years-meaning-that-there-have-been-no-budget-cuts-despite-lowe.html

Pengertian Invoice adalah

Apa itu invoice? Invoice adalah dokumen yang menunjukkan bukti atas transaksi kredit yang terjadi antara pihak penjual dengan pembeli. Invoice ini diterbitkan oleh perusahaan penyedia produk, baik barang maupun jasa.

Invoice adalah dokumen yang dibuat dalam tiga rangkap. Tujuan dibuatnya menjadi beberapa rangkap supaya sebagai arsip dan digunakan untuk pihak – pihak tertentu. Dimana lembar pertama diberikan kepada pihak penjualan, lembar kedua diberikan kepada divisi keuangan perusahaan, sementara lembar ketiga diberikan kepada pembeli.

Lalu, apa tujuan pihak – pihak tersebut memiliki invoice? Invoice adalah dokumen penting yang berfungsi tidak hanya bagi satu pihak, namun bagi pihak – pihak yang terlibat dalam transaksi. Selanjutnya mengenai fungsi dari invoice adalah sebagai apa, akan dibahas di sub bab berikutnya.

Fungsi dari Invoice adalah

Invoice memiliki berbagai fungsi, terkait dengan pihak – pihak yang memiliki dokumen ini. Bagi perusahaan, invoice adalah dokumen penting yang digunakan sebagai arsip. Dengan adanya invoice, perusahaan dapat mengetahui produk apa saja yang telah diorder. Selain itu, perusahaan juga dapat melihat track record dari customer yang melakukan pembelian. Apakah pembeli tersebut memiliki track record yang baik, membayar tagihan sesuai dengan tempo pembayaran, dan lainnya.

Bagi bagian penjualan, fungsi invoice adalah sebagai dokumen penagihan bagi pembeli. Pihak perusahaan melakukan penagihan kepada pembeli apabila pembeli telat melakukan pembayaran.

Bagi bagian keuangan, fungsi invoice adalah sebagai rujukan atau referensi untuk membuat pembukuan. Sehingga, arus kas tetap dalam pencatatan. Serta dapat digunakan untuk pengambilan keputusan selanjutnya terkait dengan piutang yang harus ditagihkan kepada pembeli.

Sementara bagi pihak pembeli, fungsi invoice adalah sebagai dokumen yang sah apabila pembeli akan mengajukan komplain atau klaim terkait garansi atau hal lainnya. Dengan adanya invoice, posisi dalam melakukan klaim atau komplain dari pihak pembeli menjadi kuat karena diikuti dengan bukti tertulis.

Jenis – Jenis Invoice adalah

Sumber: https://transferwise.com/gb/blog/paypal-uk-international-invoice-fees

Invoice yang digunakan oleh perusahaan terdiri dari beberapa jenis, sesuai dengan jenis transaksi yang terjadi. Jenis – jenis invoice adalah sebagai berikut:

  1. Invoice Biasa

Invoice biasa adalah invoice yang digunakan untuk transaksi kredit yang biasa terjadi antara penjual dan pembeli.

  1. Invoice Konsuler

Invoice konsuler adalah invoice yang digunakan dalam transaksi ekspor impor, dimana di dalam invoice juga tertera persetujuan badan yang berwenang di setiap negara yang melakukan transaksi.

  1. Invoice Proforma

Invoice proforma adalah invoice yang digunakan apabila pengiriman barang dilakukan secara bertahap. Invoice proforma bersifat bertahap, dan jika sudah selesai dikirim, maka invoice akan diganti dengan invoice biasa.

Cara Membuat Invoice adalah

Invoice harus dibuat dengan baik, supaya memudahkan pemahaman antara penjual dan pembeli. Selain itu, invoice yang baik juga mendorong pembeli membayar tagihan tepat waktu.

Yang pertama, perusahaan harus memperhatikan penulisan dan tata letak yang baik. Template invoice harus dibuat dengan jelas, serta memuat seluruh informasi mengenai produk yang dibeli, harga, penambahan biaya, pengurangan biaya, serta total harga yang harus dibayarkan.

Di dalam invoice juga perlu disampaikan metode pembayaran yang dapat dilakukan oleh pembeli. Sehingga, pembeli dapat memilih pembayaran mana yang paling tepat dilakukan olehnya.

Itulah penjelasan mengenai apa itu invoice? Serta fungsi, jenis, dan bagaimana cara pembuatannya. Semoga bermanfaat!

About admin

Leave a Comment

Previous

Panduan Jitu Amankan Perabotan Dari Serbuan Rayap

Harga Honda Jazz Terbaru 2020 di Sumur Bandung

Next